Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

Kenali 3 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kenali-9-Makanan-Sehat-Untuk-Ibu-Hamil

Kenali 3 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan bergizi untuk ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhaan janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui pilihan makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi agar janin yang dikandung tetap sehat.

Penting bagi setiap ibu hamil untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil. Misalnya, folat untuk mencegah bayi terlahir cacat, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang janin, serta zat besi untuk mencegah anemia saat hamil.

Kebutuhan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari beragam jenis makanan yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Bumil untuk mengenal jenis makanan sehat untuk ibu hamil agar asupan nutrisi tetap terjaga.

Konsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil dilakukan agar kebutuhan nutrisi saat hamil tercukupi dengan baik. Meski demikian, ibu hamil perlu untuk memerhatikan apa yang dikonsumsinya. Pasalnya, ada makanan bergizi yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama kehamilan, seperti telur dan daging mentah, serta produk olahan susu yang belum melewati proses pasteurisasi.

Asupan nutrisi selama kehamilan, baik jenis maupun jumlah, memang perlu diperhatikan. Apalagi, kebutuhan berbagai jenis asupan gizi akan bertambah seiring dengan usia kehamilan.

Pada trimester pertama kehamilan misalnya, jumlah kalori yang dikonsumsi umumnya tidak perlu ada penambahan. Namun saat memasuki trimester kedua dan ketiga, asupan kalori yang dibutuhkan dapat bertambah mencapai 340-450 kalori per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan ini, ibu hamil perlu untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti:

Baca Juga: 4 Syarat Kambing Aqiqah Yang HARUS Dipenuhi

Berbagai Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Berbagai-Pilihan-Makanan-Sehat-untuk-Ibu-Hamil.jpeg

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi saat hamil:

1. Sayur Dan Buah

Sayur-dan-buah

Sayur dan buah adalah bahan makanan utama dalam pola makan sehat bagi ibu hamil. Setiap ibu hamil perlu mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat.

Sayuran hijau, seperti bayam dan kale, mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam folat yang penting untuk memelihara kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah janin terlahir cacat.

Baca Juga: Pilihan Paket Aqiqah Lengkap

2. Daging Tanpa Lemak, Ikan, Dan Telur

Daging-tanpa-lemak-ikan-dan-telur

Kelompok makanan ini kaya akan kandungan protein yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Telur juga kaya akan kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf.

Sementara itu, ikan salmon kaya akan omega-3 yang baik untuk menjaga suasana hati ibu hamil sekaligus mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Meski demikian, guna menghindari paparan merkuri yang umumnya terkandung di dalam ikan laut, Bumil disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 350 gram ikan salmon, tuna, atau tongkol dalam waktu seminggu atau batasi konsumsi ikan sebanyak 2–3 porsi per minggunya.

Baca Juga: Tata Cara Aqiqah Dalam Islam Mudah Loh, Begini Caranya

3. Susu Dan Produk Olahannya

Susu-Dan-Produk-Olahannya

Susu dan produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju, kaya akan kalsium yang baik untuk pembentukan jaringan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan, risiko janin terlahir prematur akan berkurang. Asupan cairan juga penting untuk mencegah dehidrasi, wasir, dan konstipasi pada ibu hamil.

Selama masa kehamilan, Bumil disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Cairan ini juga bisa diperoleh dari makanan, seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu.

Hindari mengonsumsi terlalu banyak minuman kemasan dengan kadar gula tinggi, karena jenis minuman tersebut dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, Bumil juga perlu berolahraga secara rutin, mencukupi istirahat, menjauhi rokok dan asap rokok, menghindari minuman beralkohol, serta mengurangi stres, agar kondisi kesehatan Bumil dan janin tetap terjaga.

Baca Juga: Senam Ibu Hamil 9 Bulan Yang Dianjurkan

Berikut Cuplikan Video MAKANAN SEHAT IBU HAMIL – TANYAKAN DOKTER – dr.Jeffry Kristiawan

Pastikan bahwa makanan bergizi untuk ibu hamil tersebut tersaji dalam menu makanan harian yang dikonsumsi agar kesehatan ibu dan janin tetap tersokong dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berkonsultasi ke dokter kandungan agar kesehatan ibu dan janin terus terpantau hingga persalinan tiba.

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

2 Comments
  • ade
    Mei 20, 2021 at 6:15 pm

    pengen coba insyaAllah

Post a Comment

Tanya-Tanya Dulu