Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

Kenali 5 Pemicu Kontraksi Braxton Hicks (Persalinan Palsu)!

Article Week 28 1

Kenali 5 Pemicu Kontraksi Braxton Hicks (Persalinan Palsu)!

Kontraksi palsu umumnya dirasakan wanita hamil pada trimester akhir, meski sebenarnya bisa terjadi juga di usia kehamilan lebih awal. Seperti apa rasanya kontraksi palsu dan bagaimana membedakan dengan kontraksi persalinan?

Kontraksi palsu atau dikenal dalam dunia medis sebagai kontraksi Braxton Hicks merupakan hal normal yang terjadi pada wanita hamil. Kontraksi semacam itu merupakan persiapan rahim untuk menghadapi persalinan dan akan muncul lebih sering sebagai tanda melahirkan semakin dekat.

Fakta yang harus Bunda ketahui tentang kontraksi Braxton Hicks

  • Kontraksi Braxton Hicks biasanya disebut sebagai “persalinan palsu” dan merupakan kontraksi rahim yang terjadi terutama pada trimester ketiga kehamilan.
  • Kontraksi Braxton Hicks biasanya kurang menyakitkan dibandingkan dengan persalinan yang sebenarnya.
  • Tidak seperti persalinan yang sebenarnya, kontraksi Braxton Hicks tidak dapat diprediksi, tidak terjadi secara berkala, dan tidak menjadi lebih intens dari waktu ke waktu.
  • Dehidrasi dan aktivitas fisik dapat memicu kontraksi Braxton Hicks.
  • Mengubah posisi dapat mengurangi kontraksi Braxton Hicks yang tidak nyaman

 

Baca juga : Makanan sehat untuk ibu hamil 

 

Apa itu kontraksi Braxton Hicks?

Kontraksi Braxton Hicks adalah kontraksi rahim yang terjadi selama trimester ketiga kehamilan. Kontraksi ini sangat normal dan dikatakan mewakili kontraksi yang terjadi saat rahim bersiap untuk melahirkan. Pada beberapa wanita, kontraksi ini terjadi pada awal trimester kedua. Terkadang, kontraksi Braxton Hicks disebut sebagai “persalinan palsu”.

Berbeda dengan kontraksi persalinan yang sebenarnya, kontraksi Braxton Hicks tidak terjadi secara berkala, tidak bertambah kuat dari waktu ke waktu, dan tidak bertahan lebih lama dari waktu ke waktu. Kontraksi ini tidak terjadi pada interval yang dapat diprediksi, dan kontraksi ini mungkin hilang sama sekali untuk sementara waktu. Kontraksi ini cenderung menjadi lebih sering menjelang akhir kehamilan. Kontraksi Braxton Hicks dinamai menurut seorang dokter Inggris, John Braxton Hicks, yang pertama kali menggambarkannya pada tahun 1872.

 

Apa yang menyebabkan kontraksi Braxton Hicks?

Peristiwa umum terkadang dapat memicu kontraksi Braxton Hicks, misalnya:

  • Peningkatan aktivitas Bunda atau bayi
  • Menyentuh perut Bunda
  • Dehidrasi
  • Hubungan seksual
  • Kandung kemih Bunda distensi

Kontraksi Braxton

 

Seperti apa rasanya kontraksi Braxton Hicks?

Kontraksi Braxton Hicks biasanya tidak separah kontraksi persalinan yang sebenarnya. Beberapa wanita menggambarkannya sebagai sensasi mengencangkan di perut bagian bawah. Kontraksi ini mungkin merasa mirip dengan kram menstruasi pada beberapa wanita. Perut bisa menjadi kencang saat disentuh. Kontraksi ini tidak terjadi secara berkala.

 

Cara membedakan kontraksi palsu dan kontraksi persalinan

Tidak jarang wanita hamil kesulitan membedakan kontraksi palsu dengan kontraksi persalinan. Cara membedakan kontraksi asli dan palsu bisa dilihat dari waktu terjadinya, rasanya, serta lama dan seringnya kontraksi.

Agar lebih jelas, Anda dapat melihat perbedaannya secara rinci, berikut ini:

  • Kontraksi palsu hanya terjadi 1-2 kali dalam satu jam dan hanya beberapa kali muncul dalam sehari, tidak teratur, dan jarak waktu kontraksi tidak berdekatan. Sedangkan kontraksi persalinan akan semakin sering mendekati waktu persalinan, teratur, dan jarak waktu antara kontraksi akan memendek.
  • Kontraksi palsu hanya terjadi kurang dari 1 menit, sementara kontraksi persalinan dapat terjadi hingga lebih dari 1 menit.
  • Perubahan aktivitas fisik akan menghentikan kontraksi palsu, namun hal itu tidak terlalu berpengaruh pada kontraksi persalinan.
  • Kekuatan kontraksi palsu tidak meningkat. Sebaliknya, kontraksi persalinan akan mengalami peningkatan, diiringi rasa nyeri yang makin bertambah menjelang persalinan
  • Kontraksi palsu hanya terasa di bagian depan perut, sementara kontraksi persalinan dimulai dari bagian punggung bawah dan menyebar ke arah depan atau sebaliknya.

Kontraksi Bracton Hicks

 

Pengobatan rumahan mana yang membantu meringankan ketidaknyamanan dan nyeri kontraksi Braxton Hicks?

Jika kontraksi Braxton Hicks tidak nyaman, Bunda dapat mengambil tindakan berikut :

  • Ubah posisi, jalan-jalan, atau istirahat jika Bunda sudah aktif.
  • Minumlah segelas air, atau secangkir teh herbal.
  • Lakukan latihan relaksasi, pernapasan dalam, atau relaksasi mental.
  • Makan sesuatu.
  • Mandi air hangat hingga 30 menit.

 

Baca juga : 5 Nama-Nama yang Disunnahkan Untuk Anak

 

Kapan saya harus menghubungi dokter saya tentang kontraksi Braxton Hicks?

Hubungi dokter atau bidan Bunda jika Bunda belum mencapai 37 pekan dan frekuensi kontraksi meningkat, lebih menyakitkan, atau Bunda memiliki tanda-tanda persalinan prematur :

  • Peningkatan keputihan, pendarahan vagina, atau bercak;
  • Meningkatkan nyeri punggung bawah atau tekanan panggul;
  • Lebih dari empat kontraksi per jam;
  • Kram seperti menstruasi atau sakit perut.
Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

No Comments

Post a Comment

Tanya-Tanya Dulu