Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

Instagram
Facebook
Tiktok
Youtube
Tokopedia

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

10 Tips Melahirkan Secara Normal

Article Week 39 3

10 Tips Melahirkan Secara Normal

Proses persalinan secara normal merupakan cara persalinan tanpa menggunakan obat-obatan,anestesi dan pembedahan, sebagian besar para wanita menginginkan persalinan secara normal karena proses pemulihan pasca lahiran lebih cepat dibandingkan denga proses lahiran secara pembedahan (caesar).

Akan tetapi bagi ibu yang ingin melakukan persalinan secara normal tetap membutuhkan bantuan profesional dari perawat terdaftar, bidan bersertifikat dan tenaga kesehatan lainnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak setiap wanita dianjurkan untuk melahirkan secara normal. Ada beberapa kasus tentu maupun alasan medis lainnya, ibu akan disarankan untuk mengambil proses persalinan melalui caesar.

Setelah dirangkum dari berbagai sumber ada banyak cara untuk ibu hamil supaya bisa melahirkan normal dengan lebih mudah. berikut di antaranya:

1. Memilih Makanan yang baik

Pilihlah makanan yang banyak mengandung protein, sayuran berdaun hijau, dan cobalah untuk kurangi konsumsi gula yang mana hal ini dapat membantu meminimalkan risiko kondisi terkait kehamilan dan memaksimalkan kesehatan sebelum melahirkan.

Mengkonsumsi enam kurma dalam sehari dalam empat minggu terakhir sebelum proses persalinan dapat membantu serviks secara alami melebar dan cenderung tidak membutuhkan oksitosin atau prostin untuk memulai proses lahiran.

2. Minum banyak air

Mengkonsumsi air minum yang cukup membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, dan juga air mampu mengencerkan urine, sehingga hal ini dapat mengurangi kemungkinan infeksi saluran kemih yang umum terjadi selama kehamilan. Minum 10 gelar air sehari agar terhindar dari dehidrasi, karena bisa menyebabkan awal persalinan prematur, jadi mengkonsumsi air yang cukup juga sangat penting loh.

3. Baca tentang kehamilan dan melahirkan

Membaca buku tentang menjalani proses kehamilan dan mengetahui bagaimana menjalani proses persalinan akan membantu kamu bertindak berdasarkan pengetahuan yang kamu peroleh dari membaca buku bukan dari berangkat perasaan atau rasa ketakutan yang timbul karena was-was..

2. Temukan Dokter/Bidan yang tepat

Menemukan dokter atau bidan yang cocok selama proses kehamilan ini penting loh karena pada saat kita melakukan cek bulanan untuk melihat bagaimana perkembangan calon bayi yang kita kandung yang bisa memberikan informasi yang lengkap, dukungan dari dokter / bidan ini cukup membantu ibu untuk tetap semangat menjalani proses kehamilan yang melelahkan. 

Terkadang ibu hamil menjadi malas untuk melakukan kontrol bulanan dikarenakan pelayanan dari dokter/bidan yang tidak cocok sehingga membuat kita melihat perkembangan calon bayi ke rumah sakit.

4. Tetap bugar

Tetap melalukan aktifitas ringan di dalam rumah agar tidak gampang kantuk, agar menjafa berat badan yang tidak berlebih, meningkatkan staminan dan suasana hati. Hal ini akan membantu kita dalam proses persalinan nantinya.

5. Ikuti kelas prenatal

Mengikuti kelas prenatal masih menjadi hal penting dalam memberikan edukasi dan informasi tentang kehamilan dan persalinan, sehingga diharapkan dapat membuat proses semuannya menjadi pengalaman lebih baik. Dan ibu juga dapat saling berbagi dengan ibu-ibu lainnya di dalam kelas.

6. Jongkok

Sering melakukan jongkok saat akan melalui proses persalinan hal ini menurut dokter kandungan di High Point North Carolina, Henry Dorn, jongkok dapat membuka panggul dan membantu bayi untuk mendapatkan posisi salinan yang ideal untuk di lahirkan

7. Tidur

Tidur yang cukup di malam hari dalam keadaan nyenyak merupakan cara yang baik untuk merilekskan diri dan membantu kandungan menjadi sehat. Jika kondisi ibu dan janin yang kuat akan membantu proses persalinan secara normal

8. Dapat dukungan

Dukungan dari pasangan, orang tua dan dokter / bidan yang menanganin proses persalinan kita akan sangat membantu kita agar tetap semangat tanpa harus takut dan khawatir menghadapi proses persalinan normal.

9. Ingat untuk tetap rileks

Jaga selalu kondisi agar tetap rileks saat menghadapi proses persalinan, kamu bisa mencoba menarik napas secara perlahan, membaca do’a dan hal lainnya yang bisa membuat kamu tetap rileks

10. Latihan pernapasan

Melakukan latihan pernapasan, salah satu metode yang bisa membantu kamu dalam proses persalinan normal adalah metode lamaze, metode ini dikembangkan oleh dokter kandungan dari prancis, Ferdinand lamaze, metode ini membantu mengurangi rasa sakit ketika melakukan proses lahiran secara normal

Sumber : 

https://www.haibunda.com/kehamilan/20201218194403-49-180801/13-tips-supaya-bunda-bisa-melahirkan-normal-dengan-mudah

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

Tanya-Tanya Dulu