Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

Bunda Mau Hilangkan Rasa Takut Saat Mau Melahirkan? Baca Di Sini

artikel bumil takut melahirkan

Bunda Mau Hilangkan Rasa Takut Saat Mau Melahirkan? Baca Di Sini

Adalah normal bagi wanita untuk mengalami ketakutan sebelum mereka melahirkan – tetapi ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk membantu mengelolanya. Jika Bunda tertekan, penting untuk berbicara dengan bidan atau dokter Bunda.

Melahirkan sering digambarkan dalam film sebagai proses yang dramatis dan menyakitkan. Tetapi kebanyakan wanita yang memiliki dede bayi akan memberi tahu Bunda bahwa itu berbeda dengan apa yang Bunda lihat di film.

Jika Bunda merasa takut dan stres, ini tidak baik untuk Bunda atau dede bayi Bunda. Bicaralah dengan profesional kesehatan atau gunakan beberapa teknik di bawah ini untuk membantu Bunda mengatasinya.

 

Jenis ketakutan tentang persalinan

  • Takut akan hal yang tidak diketahui

Takut melahirkan bisa saja berasal dari tidak tahu apa yang akan terjadi. Terkadang ibu yang baru pertama kali melahirkan mungkin merasa tidak percaya diri. Di lain waktu, mereka mungkin merasa khawatir tentang cerita negatif yang mereka dengar.

  • Takut sakit

Adalah umum untuk takut akan nyeri persalinan – terutama jika Bunda seorang ibu yang baru pertama kali melahirkan. Bunda mungkin juga takut akan cedera lahir seperti robekan pada area perineum Bunda.

Ingat, ada banyak cara untuk menghilangkan rasa sakit selama persalinan. Wanita yang bisa rileks dan merasa mengendalikan persalinan mereka cenderung merasa kurang menyakitkan.

  • Takut akan intervensi selama persalinan

Selalu ada kemungkinan dokter atau bidan Bunda perlu membantu Bunda selama persalinan. Ini dikenal sebagai intervensi dan mungkin termasuk operasi caesar atau epidural.

Kunci untuk mengelola ketakutan Bunda tentang intervensi adalah belajar lebih banyak tentang persalinan. Ini akan membantu Bunda merasa berdaya dan terkendali. Bunda dapat melakukan ini dengan pergi ke kelas antenatal, membaca materi pendidikan dan berbicara dengan tim kesehatan Bunda.

  • Takut buang air

Bunda mungkin pernah mendengar bahwa wanita dapat secara tidak sengaja buang air besar dan kecil saat melahirkan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan – dokter dan bidan Bunda telah melihat semuanya sebelumnya. Mereka akan membersihkan ini secara diam-diam dan Bunda mungkin tidak menyadarinya.

Pastikan Bunda berpikir hati-hati tentang siapa yang akan berada di ruangan dengan Bunda dan berbicara dengan mereka tentang ketakutan Bunda. Ingat, banyak wanita buang air besar tepat sebelum persalinan dimulai dan buang air lagi sampai 48 jam setelah melahirkan.

  • Takut tidak terkendali

Ketakutan paling umum bagi wanita yang telah memiliki dede bayi adalah tidak dapat mengontrol atau dikecualikan dari keputusan selama persalinan. Beberapa wanita juga menemukan bahwa kehamilan baru memunculkan emosi yang belum terselesaikan tentang pengalaman melahirkan yang sulit sebelumnya.

Ini dapat membantu jika Bunda berbicara jujur tentang perasaan ini dengan dokter dan bidan Bunda — beri tahu mereka preferensi Bunda.

  • Takut bahwa Bunda atau dokter Bunda tidak akan sampai ke rumah sakit tepat waktu

Tahap pertama persalinan mungkin memakan waktu lebih lama dari yang Bunda harapkan. Dibutuhkan rata-rata 12 jam dari saat ibu pertama kali mulai berkontraksi sampai serviksnya melebar sepenuhnya dan dia bisa mulai mengejan. Dibutuhkan rata-rata 8 jam untuk ibu yang pernah melahirkan sebelumnya. Biasanya ada banyak waktu untuk sampai ke rumah sakit.

Dokter atau bidan Bunda akan memastikan mereka atau dokter atau bidan yang berkualifikasi dan berpengalaman akan ada bersama Bunda.

Sekitar 4 atau 5 dari setiap 1.000 kelahiran terjadi di luar rumah sakit atau pusat bersalin, atau di luar rencana kelahiran di rumah. Ini mungkin terjadi jika dede bayi Bunda lahir prematur atau Bunda tinggal di daerah terpencil. Untuk menenangkan pikiran Bunda, pelajari apa yang harus dilakukan jika persalinan Bunda datang lebih awal.

 

Cara mengelola rasa takut

Beberapa program dan teknik yang tersedia yang dapat membantu Bunda mengelola ketakutan Bunda akan persalinan meliputi:

  • berdo’a
  • kelas antenatal — beberapa contoh kelas yang dapat membantu Bunda rileks dan mengelola ketakutan Bunda termasuk kelas Lamaze dan Calmbirth
  • berlatih teknik relaksasi
  • makan sehat
  • berolahraga
  • berbicara dengan seseorang yang Bunda percaya tidak akan meningkatkan ketakutan Bunda seperti konselor, bidan atau ibu lainnya

 

Jika terjadi sesuatu yang lebih serius

 Untuk sejumlah kecil wanita, rasa takut melahirkan bisa menjadi luar biasa. Ini disebut tokofobia. Terkadang rasa takut itu begitu kuat sehingga wanita mungkin menghindari memiliki dede bayi sama sekali.

Wanita lain mungkin mengalami kecemasan antenatal, depresi, atau gangguan stres pasca trauma setelah kelahiran yang sulit. Kondisi ini serius dan membutuhkan perawatan.

 

Di mana mendapatkan bantuan?

Jika Bunda merasa takut dan kewalahan, atau ketakutan Bunda memengaruhi hidup Bunda, segera hubungi dokter Bunda.

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

No Comments

Post a Comment

Tanya-Tanya Dulu