Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

Instagram
Facebook
Tiktok
Youtube
Tokopedia

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

Bayi Cegukan di Dalam Kandungan, Normal atau Tanda Bahaya?

Article Week 08 01

Bayi Cegukan di Dalam Kandungan, Normal atau Tanda Bahaya?

Mengalami cegukan saat di dalam kandungan merupakan hal biasa terjadi pada bayi, hal ini disebabkan oleh otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, saat bayi mulai belajar bernapas. Cegukan pada bayi biasa tanda berkembangnya bayi dengan sehat atau bisa juga tanda dari kelainan.

Pertanda Bayi Sehat

Cegukan pada bayi dimulai saat usia kehamilan memasuki 8-10 minggu yang berbarengan dengan munculnya kemampuan untuk mengisap dan menelan. Bumil dapat merasakan cegukan pada bayi di usia kehamilan 6 bulan.

Cegukan pada bayi di duga merupakan tanda matangnya paru-paru, dan ini menunjukan sang bayi memiliki perkembangan yang baik.

Kalau sang bayi mengalami cegukan itu artinya bayi mempunyai kemampuan menghirup cairan ketuban menuju paru-paru dan mengeluarkannya kembali. Ini merupakan tanda berkembangnya diafragma sang bayi.

Dan hal ini juga merupakan tanda bahwa otak dan saraf tulang belakang telah saling berhubungan dan telah mampu bekerja. Hal ini juga menunjukan saraf bayi berkembang dengan baik dan menunjukan akan kemampuan sang bayi untuk hidup di luar rahim nantinya.

Kenali Tanda-Tanda Cegukan Tidak Normal

Dalam 32 minggu biasanya cegukan pada bayi akan mereda, pada saat kemampuan untuk bernafasnya telah matang. Namun jika dalam bayi tetap cegukan beberapa kali dalam sehari dan terus berlangsung selama 15 menit setiap cegukan maka disarankan untuk memeriksa ke dokter

Apabila cegukan terjadi di saat-saat akan melahirkan bisa jadi ini tanda terjadinya gangguan tali pusar pada sang bayi. Hal ini dapat berefek pada :

  • Penumpukan karbondioksida pada darah bayi
  • Perubahan tekanan darah bayi
  • Perubahan detak jantung bayi
  • Kerusakan otak bayi
  • Keguguran

Cegukan pada bayi di dalam kandungan merupakan hal yang umum terjadi dan merupakan hal yang normal dan tidak perlu tindakan yang khusus. Seharusnya ibu hamil bisa berbahagia karena ini tanda sang bayi mampu berkembang dan tumbuh dengan sehat. Cobalah untuk mengubah posisi tidur, duduk atau berjalan dan mengkonsumsi air putih.

Tapi apabila cara ini tidak bisa meredakan cegukan sang bayi di dalam kandungan, segera untuk melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter.

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

Tanya-Tanya Dulu