Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

Instagram
Facebook
Tiktok
Youtube
Tokopedia

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

Bagaimana Cara Mengatasi Depresi Postpartum?

Article Week 40 1

Bagaimana Cara Mengatasi Depresi Postpartum?

 

Pada umumnya para wanita mengalami depresi pasca kelahiran hal ini dipicu biasanya dari perubahan emosional dan fisik setelah melahirkan. Tapi kamu jangan khawatir sehingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Yuk simak cara mengatasi depresi pasca lahiran berikut :

Memiliki anak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang wanita, tapi terkadang adanya gangguan psikologis tertentu kepada wanita yang baru melahirkan.

gangguan psikologis yang umum terjadi pasca lahiran adalah depresi postpartum. Kondisi ini lebih berbahaya dari Baby Blues Syndrom

Menurut Office on Women’s Health sekitar 1 di antara 9 wanita yang baru melahirkan mungkin mengalami Depresi postpartum

Trus, apa sih solusi untuk mengatasi depresi postpartum? Berikut tips yang bisa kamu lakukan :

1. Hindari hal-hal yang mengerikan

Kamu akan sangat emosional saat mengalami depresi postpartum, semua hal yang kamu lihat akan kamu hubungkan dengan kondisi diri sendiri

Kamu akan sulit mengontrol pikiran dan bahkan sering terjebak dalam khayalan sendiri.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mencari hal-hal yang indah dan positif yang bisa membuat pikiran kamu tidak berpikiran ke hal-hal yang negatif.

Untuk sementara hindarilah hal-hal yang mengerikan seperti novel misteri, cerita-cerita yang mengerikan, dan film-film horor atau menonton berita tentang kejahatan 

 2. Abaikan komentar yang negatif

Masalah kejiwaan atau depresi setelah melahirkan memang tidak di alami semua ibu yang baru melahirkan.

Hal ini menyebabkan, mereka bisa saja tidak menunjukkan rasa empati.

Tutup telinga kamu dari orang-orang yang suka mengatakan ucapan yang  membuat kamu tersudut. 

Setelah menjadi seorang ibu dan mengalami depresi setelah melahirkan bukan menunjukan bahwa kamu memiliki jiwa yang lemah

Salah satu cara yang sangat penting dalam mengatasi depresi pasca lahiran adalah mengabaikan setiap komentar negatif yang kamu dengar 

3. Jangan membebani diri sendiri dengan tugas yang menumpuk

Pasca melahirkan, tugas kamu akan bertambah, entah itu ngurusin bayi yang baru lahir, pekerjaan rumah, ngurus suami dan sebagainya.

Berusahalah untuk tidak membebani diri sendiri dengan semua pekerjaan kamu apabila kondisi fisik dan psikologis di saat pasca lahiran tidak memungkinkan.

Mengambil cuti kerja atau tutup sementara bisnis kamu sampai kamu benar-benar siap untuk mengerjakan pekerjaan kamu lagi.

Jangan takut untuk meminta bantuan ke orang tua, suami dan asisten rumah tangga, kalau kamu sudah mulai merasa lelah, dan langsung beristirahat.

Mendahulukan untuk menjaga kesehatan dan merawat diri setelah melahirkan akan lebih baik daripada pekerjaan rumah tangga.

4. Mintalah bantuan dari ibu lain yang pernah mengalaminya

Mencari teman seorang ibu yang pernah mengalami kondisi yang sama dengan kamu rasakan, sehingga bisa saling berbagi dan cerita daripada kamu mendengarkan perkataan yang kamu bersalah dengan kondisi kamu sekarang.

5. Tetap aktif bergerak

Tetap melakukan aktivitas ringan, mudah dan menyenangkan seperti biasa dalam waktu singkat 20 menit sampai 30 menit sehari, karena banyak bergerak dapat membantu mengatasi depresi, aktivitas fisik setelah melahirkan dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan semangat kamu.

6. Lakukan kegiatan yang disukai setiap hari

Jika kamu memiliki hobi atau aktivitas yang kamu sukai, luangkan waktu kamu waktu di sela-sela aktivitas sehari hari untuk mengerjakan hal yang kamu sukai tersebut. Pilihlah salah satu hobi kamu yang ringan untuk dikerjakan, tidak terlalu rumit atau terlalu banyak memakan waktu kamu.

Tujuannya agar Anda tetap bisa memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan penting lainnya dan beristirahat.

7. Minta dukungan dari orang-orang yang menyayangi Anda

Semua masalah yang kamu hadapi pasca kelahiran, tidak seharusnya kamu hadapi semua itu sendirian, hal ini akan membuat kamu lebih merasa terpuruk. Oleh karena itu mintalah pasangan kamu, keluarga atau sahabat terdekat kamu untuk mendengarkan cerita kamu. Ceritakan secara terbuka apa yang kamu rasakan tentang depresi yang kamu dapatin setelah melahirkan. Menceritakan semua yang kamu rasakan dapat mempermudah membuat kamu untuk kembali semangat dan kembali ceria yang mungkin hilang setelah melahirkan.

8. Minta bantuan ahli bila perlu

Cobalah untuk konsultasi bagaimana menghadapi depresi tersebut, dan juga akan sulit mengalahkan depresi tersebut jika hal ini tidak ada motivasi dari diri kamu sendiri untuk sembuh. Jika gejala Anda bertambah parah dan Anda merasa sudah tak bisa menanganinya sendiri, segera cari bantuan profesional dari seorang terapis atau psikolog.

 

Sumber : Tenangkan Diri, Ini 8 Tips Atasi Depresi Setelah Melahirkan

https://hellosehat.com/kehamilan/perawatan-ibu/kesehatan-mental-ibu/cara-mengatasi-depresi-postpartum/

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

Tanya-Tanya Dulu