Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

Instagram

Facebook

Tiktok

Youtube

Tokopedia

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

10 Manfaat Ikan Untuk Ibu Hamil

manfaat ikan untuk ibu hamil

10 Manfaat Ikan Untuk Ibu Hamil

Apa manfaat ikan untuk ibu hamil? Apakah Anda termasuk salah satu orang yang khawatir mengkonsumsi ikan untuk ibu hamil karena takut dengan kandungan merkuri di dalamnya? Bila ya, Anda tidak sendiri. Banyak sekali wanita yang khawatir dengan efek ikan untuk ibu hamil.

Penelitian telah menunjukkan kalau wanita hamil perlu terus makan ikan. Manfaat kesehatan dari ikan untuk ibu hamil telah terbukti. Beberapa jenis penelitian telah jelas menunjukkan kalau ibu dan bayi menerima manfaat sangat besar dari konsumsi ikan selama kehamilan sebagai sumber protein dan lemak omega 3.

Protein adalah nutrisi makro yang penting dan bermanfaat di banyak fungsi tubuh. Menurut penelitian terbaru, ibu yang mengonsumsi 3 sampai 4 sajian ikan untuk ibu hamil setiap minggu selama kehamilan memiliki kemungkinan melahirkan anak yang lebih cerdas dengan IQ yang tinggi dibanding wanita hamil yang jarang makan ikan untuk ibu hamil.

Makan ikan untuk ibu hamil membantu memperoleh asam lemak omega 3 yang punya peran besar dalam mengembangkan fungsi otak janin secara optimal. Nutrisi penting ini tidak disintesa di dalam tubuh, karenanya harus didapat melalui apa yang kita makan, termasuk ikan untuk ibu hamil.

Selama hamil, ibu tidak hanya harus mengonsumsi cukup ikan untuk ibu hamil agar tubuh sehat, tapi juga untuk memastikan janin berkembang dengan baik.

Ada banyak manfaat dari ikan untuk ibu hamil. kandungan asam lemak omega 3 dan nutrisi lainnya punya manfaat besar untuk ibu dan janin, antara lain:

  1. Mendukung perkembangan neurologikal janin
  2. Mendukung perkembangan otak dan penglihatan bayi
  3. Membantu sistem kardiovaskuler dan pernapasan untuk berkembang dengan baik, berarti jantung dan paru yang lebih sehat.
  4. Penelitian menunjukkan konsumsi ikan untuk ibu hamil juga meningkatkan fungsi kognitif anak yang dilahir Efek ini bisa dinilai saat usia anak 4 tahun.
  5. Rentang perhatian anak lebih meningkat bila selama hamil Ibu mendapatkan semua kebutuhan nutrisi, termasuk ikan untuk ibu hamil.
  6. Meningkatkan memori. Memori Ibu akan meningkat selama hamil saat mendapatkan omega 3 yang cukup. Itu artinya, kondisi pregnancy brain yang membuat ibu jadi lebih pelupa bisa diminimalisir selama hamil.
  7. Meningkatkan mood. Asupan asam lemak omega 3 dan DHA yang cukup terbukti menurunkan risiko depresi selama hamil dan depresi setelah melahirkan.
  8. Membuat jantung lebih sehat. Ikan untuk ibu hamil juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tingkat pembekuan darah dan tingkat lemak darah serta menurunkan tekanan darah bila Anda sebelumnya mengalami hipertensi.
  9. Bisa menurunkan risiko persalinan prematur. Ilmuwan telah mengamati tingkat persalinan prematur biasanya akan lebih rendah jika Ibu mengonsumsi ikan untuk ibu hamil lebih banyak. Kandungan omega 3 pada ikan untuk ibu hamil yang didapat melalui ikan atau suplemen akan menurunkan risiko kelahiran prematur.
  10. Konsumsi ikan untuk ibu hamil juga menurunkan risiko berkembangnya Alzheimer, memperbaiki kondisi kulit dan rambut, dan memberi tubuh asupan vitamin D yang cukup.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kram Kaki Selama Kehamilan

Nah, kalau asupan asam lemak omega 3 tidak cukup selama hamil ternyata juga akan berdampak lho ke anak. Ini dia dampak negatifnya:

 

    • Pertumbuhan terhambat di dalam kandungan
    • Anak mengalami hambatan pada perkembangan skill motorik halus saat ia sudah lahir nanti
    • Anak mengalami keterlambatan pada proses penerimaan informasi di otak

 

Tak hanya untuk ibu dan janin, konsumsi ikan juga bisa membuat sperma pria lebih sehat ketika dikonsumsi bersama makanan sehat lain seperti buah, sayur, dan gandum utuh.

Makan ikan selama hamil memang penting untuk kesehatan, tapi segala sesuatu yang berlebihan juga tidak bagus. Karenanya ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ikan secukupnya untuk perkembangan bayinya.

Berapa banyak porsi ikan untuk ibu hamil yang aman?

Jumlah ikan untuk ibu hamil yang direkomendasikan adalah sebanyak 8 hingga 12 ounce ikan rendah merkuri setiap minggu. Jumlah ikan untuk ibu hamil ini setara dengan sekitar 2 sampai 3 porsi per minggu yang bisa dimakan untuk menggantikan jenis protein lain. Pastikan Anda memilih variasi ikan untuk ibu hamil yang rendah merkuri seperti salmon, udang, tuna, serta lele.

sumber : https://www.ibupedia.com/artikel/kehamilan/11-manfaat-ikan-untuk-ibu-hamil

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

Tanya-Tanya Dulu