Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

Cara Mengatasi Insomnia di Awal Kehamilan

artikel insomnia hamil

Cara Mengatasi Insomnia di Awal Kehamilan

Gambaran

Bagi calon ibu baru, mengalami kurang tidur setelah dede bayi lahir adalah hal yang wajar. Tetapi Bunda mungkin tidak menyadari bahwa itu juga bisa terjadi selama trimester pertama kehamilan.

Sebagian besar wanita mengalami masalah tidur selama kehamilan. Wanita hamil cenderung tidur lebih banyak selama trimester pertama, tetapi mengalami penurunan kualitas tidur yang besar. Ternyata kehamilan bisa membuat Bunda merasa lelah sepanjang hari. Ini juga dapat menyebabkan insomnia di malam hari.

Berikut adalah beberapa penyebab paling umum untuk insomnia selama awal kehamilan, ditambah beberapa tips untuk membantu Bunda mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Apa itu insomnia?

Insomnia berarti Bunda mengalami kesulitan untuk tertidur, tetap tertidur, atau keduanya. Wanita dapat mengalami insomnia selama semua tahap kehamilan, tetapi cenderung lebih sering terjadi pada trimester pertama dan ketiga. Antara istirahat tengah malam di kamar mandi, hormon yang tidak terkendali, dan kesengsaraan kehamilan seperti kemacetan dan mulas, Bunda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di luar tempat tidur daripada di dalamnya. Kabar baiknya: Meskipun insomnia mungkin menyedihkan, itu tidak berbahaya bagi dede bayi Bunda.

Apa yang menyebabkan insomnia selama kehamilan?

Ada banyak alasan Bunda mungkin terjaga di larut malam. Ini dapat mencakup:

  • harus sering buang air
  • mual atau muntah
  • sakit punggung
  • nyeri payudara
  • ketidaknyamanan perut
  • keram kaki
  • sesak napas
  • maag
  • mimpi

Penyebab insomnia lainnya bisa terkait dengan stres. Bunda mungkin merasa cemas tentang persalinan dan melahirkan, atau khawatir tentang bagaimana Bunda akan menyeimbangkan pekerjaan dengan menjadi ibu baru. Pikiran-pikiran ini dapat membuat Bunda terjaga di malam hari, terutama setelah kunjungan ketiga Bunda ke kamar mandi.

Mungkin sulit untuk mengalihkan perhatian Bunda dari pikiran-pikiran ini, tetapi cobalah untuk mengingat bahwa khawatir tidak produktif. Sebaliknya, coba tuliskan semua kekhawatiran Bunda di atas kertas. Ini akan memberi Bunda kesempatan untuk mempertimbangkan kemungkinan solusi. Jika tidak ada solusi, atau tidak ada yang dapat Bunda lakukan, balik halaman dalam jurnal Bunda dan fokus pada kekhawatiran lain. Ini dapat membantu mengosongkan pikiran Bunda sehingga Bunda dapat beristirahat.

 

Kembangkan rutinitas sebelum tidur

Salah satu hal terbaik yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi insomnia saat Bunda hamil adalah dengan mengatur kebiasaan tidur yang baik.

Mulailah dengan mencoba tidur pada waktu yang sama setiap malam. Mulailah rutinitas Bunda dengan sesuatu yang menenangkan untuk membantu Bunda bersantai.

Hindari screen time setidaknya satu jam sebelum tidur. Cahaya biru dari TV, ponsel, atau tablet Bunda dapat berdampak pada ritme sirkadian tubuh Bunda. Cobalah membaca al Quran sebagai gantinya.

Mandi yang menenangkan juga bisa membuat Bunda mengantuk. Berhati-hatilah agar suhunya tidak terlalu panas — yang bisa berbahaya bagi dede bayi Bunda yang sedang berkembang. Ini terutama sekali selama awal kehamilan.

Untuk amannya, hindari berendam air panas.

 

Diet dan olahraga

 Diet dan olahraga dapat berdampak pada tidur Bunda.

 

Minumlah

Minum banyak air sepanjang hari, tetapi kurangi minum setelah jam 7 malam. Cobalah untuk menghindari kafein mulai sore hari.

 

Makan untuk tidur

Makan malam yang sehat, tetapi cobalah untuk menikmatinya secara perlahan untuk mengurangi kemungkinan sakit maag. Makan malam lebih awal juga dapat membantu, tetapi jangan tidur dalam keadaan lapar. Makanlah makanan ringan jika Bunda perlu makan sesuatu di malam hari. Sesuatu yang tinggi protein dapat menjaga kadar gula darah Bunda stabil sepanjang malam. Segelas susu hangat juga bisa membantu Bunda merasa mengantuk.

 

Olahraga

Tetap aktif di siang hari sehingga Bunda bisa beristirahat di malam hari.

 

Kenyamanan adalah kuncinya

Membuat diri Bunda — dan kamar tidur Bunda — lebih nyaman dapat menghasilkan tidur yang lebih baik.

 

Merasa nyaman

Buat diri Bunda nyaman. Berbaring miring, selipkan bantal di antara lutut, dan gunakan bantal di bawah perut saat dede bayi semakin besar.

Jika nyeri payudara mengganggu Bunda, pilih bra tidur yang nyaman dan pas.

Perubahan suasana

Jaga agar kamar Bunda tetap sejuk, gelap, dan tenang untuk kondisi tidur yang optimal. Gunakan lampu malam di kamar mandi untuk kunjungan tengah malam itu. Cahaya redup akan kurang menggelegar daripada cahaya terang di atas kepala.

 

Cobalah untuk tenang

Perbanyak berdzikir untuk merasa lebih tenang di malam hari.

 

Alihkan perhatianmu

Jika Bunda berbaring di tempat tidur dan terjaga, bangun dan alihkan perhatian Bunda dengan sesuatu sampai Bunda merasa cukup lelah untuk tertidur. Ini lebih efektif daripada berbaring di tempat tidur dan menatap jam.

 

Tenang

Membaca al Quran, atau mendengarkan tilawah al Quran insya Allah akan lebih menenangkan.

Catatan

Bagi kebanyakan wanita, insomnia selama trimester pertama berhasil dilalui. Jika Bunda mengalami masalah, cobalah tidur siang di siang hari. Abaikan suplemen, obat-obatan, atau herbal apa pun yang merangsang tidur sampai Bunda berkonsultasi dengan dokter Bunda.

Jika insomnia Bunda mempengaruhi kemampuan Bunda untuk beraktivitas, dokter Bunda mungkin dapat meresepkan obat penenang yang aman dikonsumsi selama kehamilan.

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

No Comments

Post a Comment

Tanya-Tanya Dulu