Sahabat Aqiqah
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

[email protected] business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

085109964000 - Tangerang

087880242609 - Jakarta

082111010600 - Bekasi

085105434242 - Depok & Bogor

Top

Apakah Saya Hamil?

Apakah Saya Hamil

Apakah Saya Hamil?

Apakah Saya Hamil?

Tanda-tanda awal kehamilan dapat bervariasi dari wanita ke wanita. Bunda mungkin merasa tubuh Bunda membuat perubahan dengan cepat (dalam bulan pertama kehamilan) atau Bunda mungkin tidak melihat gejala sama sekali. Gejala awal kehamilan dapat mencakup periode menstruasi yang terlewat, kebutuhan yang meningkat untuk buang air kecil, payudara bengkak dan lunak, kelelahan, dan mual di pagi hari (morning sickness).

Seberapa cepat saya bisa tahu jika saya hamil?

Kehamilan merupakan pengalaman yang berbeda bagi setiap wanita. Beberapa wanita mungkin curiga mereka hamil dalam beberapa hari pertama kehamilan, sementara yang lain tidak memperhatikan apa pun sampai mereka melewatkan menstruasi. Ada juga beberapa wanita yang tidak tahu bahwa mereka hamil sampai berbulan-bulan setelah pembuahan.

 

Cara paling jelas untuk mengetahui apakah Bunda hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan. Saat Bunda melakukan tes kehamilan, itu mengukur hormon yang disebut human chorionic gonadotrophin (hCG). Hormon ini mulai terbentuk di tubuh Bunda sejak pembuahan dan akan berkembang biak dengan cepat pada awal kehamilan Bunda. Terlepas dari kemunculannya yang pertama dalam prosesnya, dibutuhkan beberapa waktu bagi tubuh Bunda untuk membangun cukup hCG untuk dapat terdeteksi pada tes kehamilan. Biasanya, dibutuhkan sekitar tiga hingga empat pekan dari hari pertama menstruasi terakhir Bunda sebelum ada cukup hCG dalam tubuh Bunda untuk tes kehamilan positif.

Kapan saya bisa melakukan tes kehamilan?

Karena butuh waktu bagi hormon hCG untuk terbentuk di tubuh Bunda, seringkali yang terbaik adalah menunggu sampai Bunda melewatkan menstruasi sebelum melakukan tes kehamilan di rumah. Sebelum titik ini, tes mungkin muncul negatif, bahkan jika Bunda benar-benar hamil.

Apakah tes kehamilan di rumah adalah cara terbaik untuk memeriksa kehamilan dini?

Tes kehamilan di rumah umumnya sangat andal. Tes ini melibatkan buang air kecil pada strip tes kecil dan kemudian menunggu simbol muncul di jendela hasil. Jendela ini biasanya akan menampilkan gambar uji (terkadang ini adalah satu garis lurus). Simbol ini muncul lebih dulu dan berarti tes berhasil. Selalu periksa kemasan dan instruksi pengujian Bunda untuk memastikannya berfungsi dengan benar. Dalam beberapa menit, tes akan menunjukkan hasil positif atau negatif. Beberapa tes digital akan menampilkan kata atau frasa (hamil atau tidak hamil).

 

Tes darah untuk kemungkinan kehamilan dilakukan di kantor penyedia layanan kesehatan Bunda. Versi tes ini mencari hCG dalam darah Bunda. Bunda masih perlu menunggu hCG menumpuk di tubuh Bunda sebelum melakukan tes kehamilan jenis ini. Penyedia layanan kesehatan Bunda mungkin merekomendasikan opsi ini dalam beberapa kasus. Hubungi klinik Bunda jika Bunda curiga Bunda hamil dan diskusikan jenis tes terbaik.

Apa saja lima tanda umum kehamilan?

Ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa Bunda alami. Tidak semua orang akan memiliki semua gejala ini, dan beberapa wanita mungkin tidak merasakan hal-hal ini. Gejala kehamilan sepanjang kehamilan dapat bervariasi secara dramatis di antara wanita. Penting untuk tidak membandingkan kehamilan Bunda dengan kehamilan orang lain.

 

Gejala awal kehamilan yang umum dapat meliputi:

 

  • Menstruasi yang terlewat: Tanda kehamilan yang paling umum dan jelas adalah menstruasi yang terlewat. Setelah pembuahan terjadi, tubuh Bunda menghasilkan hormon yang menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan rahim Bunda. Ini berarti siklus Bunda telah berhenti dan Bunda tidak akan mengalami menstruasi lagi sampai setelah bayi lahir. Namun, tidak datang bulan tidak selalu merupakan tanda kehamilan. Bunda juga dapat melewatkan menstruasi karena stres, olahraga berlebihan, diet, ketidakseimbangan hormon, dan faktor lain yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.
  • Sering pergi ke kamar mandi: Bahkan sebelum Bunda melewatkan menstruasi, Bunda mungkin menyadari bahwa Bunda harus buang air kecil lebih sering. Ini sebenarnya terjadi karena Bunda memiliki lebih banyak darah daripada sebelumnya. Selama kehamilan, suplai darah tubuh Bunda meningkat. Ginjal Bunda menyaring darah Bunda dan membuang limbah ekstra. Limbah ini meninggalkan tubuh Bunda sebagai urin. Semakin banyak darah dalam tubuh Bunda, semakin banyak Bunda harus buang air kecil.
  • Kelelahan (merasa lelah): Banyak wanita merasa sangat lelah di awal kehamilan. Tanda kehamilan ini terjadi karena tingginya kadar hormon progesteron. Mirip dengan gejala awal kehamilan lainnya, kelelahan cenderung membaik pada trimester kedua. Namun, itu kembali pada trimester ketiga bagi banyak wanita.
  • Mual di pagi hari/morning sickness (dan siang dan malam): Terlepas dari namanya, gejala kehamilan ini dapat terjadi kapan saja, siang atau malam. Mual dapat terjadi di dua pekan awal kehamilan atau dapat dimulai beberapa bulan setelah pembuahan. Tidak semua orang mengalami mual dan ada berbagai tingkat mual. Bunda dapat mengalami mual tanpa muntah—ini berubah dari satu wanita ke wanita lainnya. Sekitar setengah dari wanita hamil mengalami muntah. Meskipun mual selama kehamilan cukup normal, itu bisa menjadi masalah jika Bunda mengalami dehidrasi. Wanita yang tidak bisa menahan makanan dan cairan karena mual yang ekstrem bisa mengalami kondisi yang disebut hiperemesis gravidarum. Hubungi penyedia layanan kesehatan Bunda jika Bunda mengalami mual dan dehidrasi ekstrem.
  • Payudara sakit (dan membesar): Payudara Bunda bisa menjadi lembut saat disentuh selama kehamilan. Rasa sakitnya mungkin mirip dengan yang dirasakan payudara sebelum menstruasi, hanya saja lebih dari itu. Puting Bunda mungkin juga mulai menggelap dan membesar. Rasa sakit ini bersifat sementara dan memudar setelah tubuh Bunda terbiasa dengan peningkatan hormon. Bunda mungkin juga memperhatikan bahwa payudara Bunda membesar dan bra Bunda lebih kencang dari biasanya.

Apa sajakah tanda-tanda awal kehamilan yang kurang umum?

Ada beberapa tanda tambahan awal kehamilan yang tidak umum. Sama seperti gejala yang paling umum, tanda-tanda kehamilan ini mungkin terjadi atau mungkin tidak terjadi. Penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda dan akan mengalami gejala yang unik.

 

Tanda-tanda awal kehamilan yang kurang umum dapat meliputi:

 

  • Bercak (juga disebut pendarahan implantasi): Meskipun mungkin tampak seperti pertanda buruk, pendarahan ringan (bercak) bisa menjadi tanda bahwa embrio Bunda telah tertanam di lapisan rahim Bunda. Implantasi terjadi beberapa hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi akan terlihat seperti tetesan darah kecil atau cairan berwarna kecoklatan dari vagina. Ini dapat dimulai pada sekitar waktu periode reguler Bunda dan dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa pekan. Bercak dapat menyebabkan beberapa wanita berpikir bahwa mereka baru saja mengalami menstruasi ringan dan tidak hamil.
  • Mengidam makanan, kelaparan terus-menerus, dan keengganan makanan: Makanan bisa menjadi rumit selama awal kehamilan. Beberapa wanita mulai mendambakan makanan tertentu atau merasa lapar terus-menerus. Sementara beberapa makanan dan rasa mungkin tampak luar biasa di awal kehamilan, yang lain mungkin tiba-tiba terasa tidak enak. Keengganan makanan dapat terjadi selama kehamilan, membuat Bunda tidak menyukai hal-hal yang sebelumnya Bunda nikmati.
  • Rasa logam di mulut Bunda: Banyak wanita mengatakan bahwa mereka mengalami rasa logam di mulut mereka selama tahap awal kehamilan. Mungkin rasanya seperti Bunda memiliki setumpuk koin di mulut Bunda. Ini bisa terjadi ketika Bunda makan makanan tertentu atau secara acak sepanjang hari.
  • Sakit kepala dan pusing: Sakit kepala dan perasaan pusing dan pusing biasa terjadi selama awal kehamilan. Ini terjadi karena perubahan hormonal dalam tubuh Bunda dan peningkatan volume darah Bunda.
  • Kram: Bunda juga bisa mengalami kram yang mungkin terasa seperti menstruasi akan segera dimulai. Jika kram ini dirasakan terutama di satu sisi tubuh Bunda atau lebih parah, penting untuk segera menghubungi penyedia layanan kesehatan Bunda. Ini bisa menjadi tanda kehamilan ektopik atau komplikasi lainnya.
  • Perubahan suasana hati: Saat hormon Bunda terus berubah, Bunda bisa mengalami perubahan suasana hati. Ini normal dan bisa terjadi selama kehamilan. Namun, jika Bunda pernah merasa cemas, tertekan, atau memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri, penting untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan Bunda.

Bisakah saya memiliki gejala awal kehamilan dan tidak hamil?

Banyak gejala awal kehamilan yang tumpang tindih dengan kondisi medis lainnya, serta siklus menstruasi Bunda yang khas. Gejala pramenstruasi bisa sangat mirip dengan gejala kehamilan. Hal ini dapat membuat sulit untuk membedakannya. Bunda juga bisa melewatkan menstruasi tanpa hamil. Ini bisa terjadi ketika Bunda berolahraga dalam jumlah yang ekstrem, kehilangan atau menambah berat badan, atau bahkan stres. Menyusui juga dapat menyebabkan menstruasi Bunda berhenti untuk sementara waktu.

 

Cara terbaik untuk mengetahui Bunda hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan. Jika Bunda melewatkan menstruasi dan berpikir ada kemungkinan Bunda hamil, pertimbangkan untuk melakukan tes.

Kapan saya harus menghubungi dokter saya tentang kehamilan baru?

Jika Bunda telah melewatkan menstruasi, melakukan tes kehamilan, dan mendapatkan hasil positif, langkah Bunda selanjutnya adalah menghubungi penyedia layanan kesehatan Bunda untuk janji temu pertama Bunda. Saat menjadwalkan, penyedia Bunda mungkin bertanya apakah Bunda sudah mulai mengonsumsi vitamin prenatal dengan setidaknya 400mcg asam folat. Vitamin ini penting pada awal kehamilan karena membantu perkembangan tabung saraf dede bayi Bunda. Tabung saraf akan menjadi otak dan tulang belakang. Banyak penyedia layanan kesehatan merekomendasikan bahwa setiap wanita yang bisa hamil mengonsumsi asam folat setiap saat.

Jika Bunda merencanakan kehamilan, janji temu prakonsepsi dengan penyedia layanan kesehatan Bunda adalah tempat yang baik untuk memulai. Janji temu prakonsepsi sangat penting jika Bunda minum obat untuk penyakit kronis atau memiliki kondisi medis lain seperti diabetes, hipertensi, atau lupus.

Selama janji temu ini, klinik Bunda akan mendiskusikan kondisi medis saat ini, serta kesehatan umum Bunda sebelum kehamilan. Pertemuan ini dimaksudkan untuk membawa Bunda ke kondisi terbaik untuk kehamilan baru.

Share

Romadhon Hapsa Nurrohman adalah pembelajar Digital Marketing di bidang SEO, Facebook dan Google Ads. Senang menulis, menganalisa, dan berdiskusi bersama rekan-rekan sejawat. Jangan sungkan untuk hubungi dia di [email protected]

No Comments

Post a Comment

Tanya-Tanya Dulu